THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES
Powered By Blogger

Senin, 18 Oktober 2010

Perusahaan Dan Lingkungan Perusahaan


I.I      Pengertian perusahaan

            Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan di Indonesia ada yang terdaftar dalam pemerintahan dan ada juga yang tidak terdaftar. Bagi perusahaan yang terdaftar dalam pemeritah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini merupakan bentuk statusdari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintahan.

I.II    Tempat kedudukan dan letak perusahaan

Faktor-faktor  pokok penentu prmilihan lokasi perusahaan :
·         Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi
·         Letak dari pasar konsumen
·         Ketersediaan tenaga kerja

·         Ketersediaan pengangkutan atau transportasi
·         Ketersediaan energi

Jenis-jenis lokasi perusahaan :
·         Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah, lokasi ini sudah ditetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. Contohnya adalah seperti kawasan industri cikarang, pulo gadung, dan lain sebagainya.
·         Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah, lokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
·         Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam, lokasi perusahaan yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam. Contoh : Tambang emas di cikotok, tambang aspal di buton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya.
·         Lokasi perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi, lokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor ketersedian tenaga kerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.


I.III   Perusahaan dan lembaga sosial 

          Perusahaan dalm pendiriaannya mereka selalu beririentasi pada profit, yan pada dasarnya perusahaan yang didirikan itu hanya ingin mencari laba yang sebesar-besarnya. Sedangkan lembaga sosial berorientasi tidak pada profit yakni tidak mencari keuntungan (laba), tetapi bertujuan untuk membantu masyarakat umum dalam mengatasi masalah sosial.
I.IV   Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan
         
Lingkungan perusahan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut adalah luas dan banyak ragamnya, termask aspek-aspek ekonomi, politik, sosial, etika hukum, dan ekologi/fisik lingkungan alam.
            Kesan negatif  tentangperusahaan adalh penyelewengan pajak, penyogokan pada instasi pemerintahan, kebocoran limbah pabrik, pembuangan limbah pabrik yang sembarangan. Bentuk usaha untuk menghilangkan kesan negatif ialah tentunya perusahaan harus mampu menghilangkan kesan negatif, dengan memperbaiki kinerja perusahaan serta menjalin hubungan baik terhadap masyarakat.

I.V    Pendekatan dalam melihat bisnis dan ligkungan

Dalam melihat celah bisnis yang ada, kita juga harus memperhatikan kondisi lingkungan yang ada disekitar . Dalam hal ini kita harus mampu melakukan kejujuran dalam setiap langkah-langkah kita berbisnis. Selain itu, kita juga harus menjaga lingkungan fisik, baik dari segi ekologi, pencemaran udara, dan pencemaran air.                                                


Daftar Pustaka

  1. Swasta, Basu. Pengantar Bisnis Modern. Indonesia: Yogyakarta. Liberty,1984
  2. Kogan, Irving Smith, Business Organization. New York Alexander Hamilton Institute, 1968
  3. www.google.com
  4. www.wikipedia.com

0 komentar:

Laman