THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES
Powered By Blogger

Selasa, 30 November 2010

TANGGNG JAWAB SOSIAL DALAM SUATU BISNIS


Tanggung Jawab Sosial Dalam Suatu Bisnis


I.I      Benturan dengan kepentingan Masyarakat

                        Proses produksi seringkali menyebabkan benturan kepentingan (masyarakat      dengan perusahaan ). Terjadi pada berbagai tingkat perusahaan ( besar,         menengah         dengan perusahaan ). Benturan ini terjadi kerap kli karena perusahaan        menimbulkan polusi ( udara,      air, limbah, suara bahkan mental kejiwaan )
            Hal-hal pendorong dilaksanakannya etika bisnis :
1.      Dorongan dari pihak luar, dari lingkungan masyarakat seringkali menghadapi kendala berupa adanya biaya tambahan yang kadang cukup besar bagi perusahaan dan diperhitungkan biaya tambahan untung-rugi usaha
2.      Dorongan dari dalam bisnis itu sendiri, sisi humanism pebisnis yang melibatkan rasa,karsa,karya yang ikut mendorong diciptakanya etika bisnis yang baik dan jujur. Penerapan prinsip manejemen terbuka hubungan industrial pancasila, pengendalian mutu terpadu dengan gugus kendali mutunya merupakan contoh penerapan manejemen yang berorientasi hubungan kemanusian.
                        Ekologi dan gerakan pelestarian lingkungan, Ekologi, yang menitikberatkan pada keseimbangan antara manusia dan alam lingkunganya banyak dipengaruhui oleh proses produksi. Sebagai contoh maraknya penebangan hutan sebagai bahan dasar industry perkayuan. Perburuan kulit ular yang diperuntukan industry kerajinan kulit. Penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak maupun racun yang merusak alam sekitar.
            Penghematan energi, Pengurasan secara besar-besaran energy yang berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak,batubara dan gas telah banyak terjadi. Kesadaran bahwa sumber daya tersebut tidak dapat diperbaharui telah mendorong dilaksanakanya proses efisiensi serta mencari pengganti sumber daya tersebut. Yang dapat disebut dengan sumber energy alternative diantaranya adalah pemanfaatan tenaga surya,nuklir,angin,air serta laut. Partisipasi pembamgunan bangsa
Kesadaran masyarat pebisnis terhadap suksesnya pembangunan sangat diperlukan. Karena denag adanya kesadran tersebut, akan membantu pemerintah menangani masalah pengangguran dengan cara ikut melibatkan penggunaan tenaga kerja yang ada, sebagai bentuk tanggung jawab social pada lingkungan sekitar perusahaan beroprasi.
                        Gerakan kosumerisme, Awal perkembangannya tahun 1960an di Negara barat yang berhasil memberlakukan undang-undang perlindungan konsumen yang meliputi beragam aspek,mulai dari perlindungan atas praktik penjualan paksa samapi pemberian izin lisensi bagi para petugas reparasi alat rumah tangga,

I.II    Etika bisnis

                        Merupakan penerapan secara langsung tanggung jawab social suatu bisnis         yang     timbul dari dalam perusahaan itu sendiri. Etika pergaulan dalam melaksakan          bisnis disebut    etika pergaulan bisnis.
                        Hubungan antara bisnis dengan langganan/kosumen merupakan pergaulan a       antara   konsumen dengan produsen dan paling banyak ditemui. Berikut beberapa contohnya :
·        Kemasan yang berbeda-beda menyulitkan kosumen untuk membandingkan harga terhadap produk
·        Kemasan membuat konsumen tidak dapat mengetahui isi didalamnya, sehingga diperluka penjelasan tentang isi serta kandungan yang terdapat dalam produk tersebut
·        Promosi, terutama iklan merupakan gangguan etis tang paling utama
·        Pemberian servis dan garansi sebagai bagian dari layanan purna jurnal

            Hubungan dengan karyawan
                        Bentuk hubungan ini meliputi : penerimaan ( recruitmen ), latihan ( training ),       promosi, transfer, demosi maupun pemberhenti ( termination ). Dimana semua bentuk        hubungan tersebut harus dijalan secara objektif dan jujur.
            Hubungan antara bisnis
                        Pemberian informasi hubungan yang terjadi diantara perusahhan, baik    perusahaan kolega,pesaing,penyalur,grosir maupun distributornya.
            Hubungan dengan investor
                        Pemberian informasi yang benar terhadap investor maupu calon investor            merupakan bentuk hubungan ini. Sehingga dapat menghimdari pengambilan             keputusan yang keliru.
            Hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan
                        Hubungan dengan lembaga keuangan, terutama jawatan pajak pada umumnya   merupakan hubungan yang bersifat financial, berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan. Pelaksanaan tanggung jawab social merupakan penerapan dan pelaksanaan      kepedulian bisnis terhadap lingkungan serta mengikuti etika bisnis. Penerapan etika             bisnis    adalah maksud dari konsep stakcholder yang berlawan dengan konsep stockholder.

I.III   Bentuk-bentuk tanggng jawabsosial suatu bisnis

                        Penjabaran dari kepedulian social dari suatu bisnis berbentuk pelaksanaan tanggung       jawab social bisnis. Sejalan dengan itu dapat dilihat behwa semakin tinggi tingkat kepedulian            social suatu bisnis maka semakin mengingkat pula pelaksanaan praktek bisnis etika dalam      masyarakat.beberapa bentuk pelaksanaan tanggung jawab social yang dapat kita temui di      Indonesia adalah :
1.      Pelaksanaan hubungan industrial pancasila ( HIP )
Kesepakatan Kerja Bersama ( KKB ) merupakan bentuk pelaksanaan yang telah banyak dijalankan pengusahan dengan karyawannya dan dituangkan dalam buku. Dimana diatur kewajiban dan hak masing-masing pihak. Beberapa contoh hak karyawan adalah cuti, tunjangan hari raya,dan pakaian kerja.
2.      Analisis mengenai dampak lingkungan ( AMDAL )
Penangan limbah industry sebagai bagian dari produksi sebagai bentuk partisipasi lingkungan
3.      Penerapan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja ( K3 )
Penekanan pada factor keselamatan pekerja dengan mempergunakan alat-alat yang berfungsi menjaga keselamatan, seperti topi pengaman,masker pelindung maupun pakaian khusus lainya.
4.      Perkebunan inti rakyat ( PIR )
System perkebunan yang melibatkan besar milik Negara dan kecil milik masyarakat. Perkebunan besar berfungsi sebagai inti dan motor penggerak perkebunan dimana semua bahan bakunya diambil dari perkebunan kecil di sekitarnya yang berfungsi sebagai plasma.
5.      System baoak anak-anak angkat
System ini melibatkan pengusaha besar yang mengangkat penguysaha kecil/menengah mitra kerja yang harus mereka bina terkadang hal ini menyebabkan masalah kepada pengusaha oleh karena itu dibutuhkan kesadaran yinggi dalam pelaksannanya.
6.      Tanggung jawab social ( social responsibility )
Etika mempengaruhi prilaku di lingkungan, kerja maupun suatu usaha bisnis untuk menyeimbangkan komitmenya terhadap kelompok dan individu dalam lingkunganya contohnya : bertanggung jawab terhadap investor, untuk memaximalkan profit, karyawan, konsumen dan bisnis lain.

                        Dalam hal ini mungkin dapat membantu untuk menunjukkan bagaimana perusahaan multinasional berbeda dengan perusahaan uninasional yang memberikan sebagian keutamaan mereka, jenis jenis perusahaan multinasional : yang pertama adalah multilokasi perusahaan dalam negeri (domestik). 1) mereka mempunyai pendapatan yang menghasilkan aset di lebih dari satu lokasi dan menggabungkannya dengan sumber daya setempat untuk memproduksi barang atau jasa. 2) kedua tipe perusahaan itu dapat menikmatikeuntungan dari adanya persaingan unit ekonomi yang lebih luas ketika dibandingkan dengan perusahaan yang berdiri sendiri. Bagaimanapun, perbedaan yang krusial antara perusahaan multinasional dan multilokasi perusahaan domestik adalah dalam hal menjalankan asetnya dan pengawasan penggunaannya melewati batas negara, meskipun yang terakhir tidak lebih dari mereka.

                        Kedua, adalah perusahaan domestik yang mengekspor sebagian produk mereka. Hal ini sama dengan perusahaan multinasional yang menjual sebagian produk mereka dengan melintasi batasnegara. Bagaimanapun, perusahaan multinasional berbeda pada perdagangan lintas perbatasan dalam hal faktor tenaga kerja sebagaimana produk jadi, dan antara afiliasi pada kelompok yang tidak terikat dengan pihak ketiga. Hal ini meningkatkan kemungkinan pengawasan perdagangan dalam suatu perusahaan multinasional terhadap keuntungan kelompok secara keseluruhan, dan menunjukkan satu dari banyaknya keuntungan yagn dimiliki oleh perusahaan multinasional terhadap perusahaan domestik.

                        Ketiga, adalah perusahaan domestik yang mengekspor faktor ketenagakerjaannya; contohnya, teknik pengenalan dan keterampilan pengelolaan. Hal ini berarti adanya perijinan perusahaan asing untuk mengembangkan pemasarannya ke luar negeri. Perusahaan multinasional juga dapat mengekspor pengetahuan, tetapi dengan perbedaan bahwa mereka selalu mengawasi dengan ketat pengetahuan yang dijual tersebut hanya melalui afiliasi.





Daftar Pustaka


Dharmmesta, Basu Swastha. Azaz-Azaz Management Modern. Yogyakarta : Penerbit Liberty, 1984

Ibnu, Sukotjo. Pengantar Bisnis Modern edisi 3. Yogyakarta : Penerbit Liberty, 1993

www.wikipedia.com


http://hukum.kompasiana.com/2010/07/11/perusahaan-multinasional

0 komentar:

Laman