Apakah anda pengguna motor
matik.. apakah motor matic boros, apakah motor matik anda terasa berat saat
diajak bermanuver, jangan jangan motor matic anda kurang perawatannya, sehingga
menurunkan permorma mesin matik anda, berikut ada beberapa tips perawatan motor
matic d`ri penulis untuk anda pemakai motor matic.
Pelumasan
Ketahuilah bagian bagian mana
saja yang membutuhkan pelumasan, agar tidak terjadi korosi. Lumuri
bagian-bagian yang memerlukan pelumasan
seperti pangkal tuas rem, standard, footstep, dan lain
sebagainya. Gunakanlah pelumasan yang mengandung silicon (WD 40, AP 75) agar
lokasi yang anda lumasi mudah dibersihkan.
CVT
CVT (Continuously variable
transmission) atau dalam bahasa Indonesianya Sistem Penggerak Roda, merupakan bagian yang paling penting yang
perlu mendapatkan perhatian. Cek drive belt apakah sudah kendor atau tidak,
masih baik atau sudah mengalami retak retak. Kalau sudah mulai nampak terlihat
retak retak. Sebaiknya diganti saja. Rata rata belt drive tersebut bisa
mengalami keretakan pada kilometer 15.000- 20.000. Tergantung dari penakaian
pengguna motor matiknya. Selanjutnya cek roller bila kondisi roller sudah tidak
bulat atau sudah aus, sebaiknya diganti saja. Kemudian kopling dan pegang
kopling, cek kondisinya apakah bantalan kampas kopling masih bagus atau tidak,
tebal atau tipis. Jika sudah tipis sebaiknya di ganti. Karena kampas kopling
kalau sudah tipis, motor jadi sering slip. Akibatnya kerja CVT akan lebih keras,
dan itu membuat CVT lebih cepat panas.
Karburator
Untuk karburator bisa disemprot
dengan menggunakan karburator cleaner. Atau jika sudah mesin seperti sangat
berat untuk diajak jalan jalan, sebaiknya di servis saja ke bengkel terdekat.
Saringan Udara
Jika saringan udara sudah kotor,
sebaiknya di bersihkan karena jika saringan udara kotor, kaburator tentunya
akan vepat kotor dan dari kaburator di kirim keruang bakar, tentunya ruang
bakar juga akan merasakan akibat saringan udara kotor.
Oli.
Jika saat penggantian oli telah
mendekati waktunya, sebaiknya segeralah lakukan penggantian oli pada motor
matic anda. Gunakanlah oli yang sesuai denga mesin matic anda dan sesuai dengan
spesifikasi mesinnya.
Klep.
Cek kondisi kerenggangan klep.
Jangan terlalu rapat tapi jangan terlalu renggang pula. Secukupnya sesuai
dengan spesifikasi masing masing motor matic.
Rem.
Rem haruslah berfungsi secara
normal, jika tidak Tamatlah hidup anda. Rem depan dan rem belakan harus sama
sama dalam keadaan siap pakai dan selalu prima. Karena motor matik memliki daya
engine break yang kecil jadi kondisi rem motor matik anda harus selalu dalam
keadaaan prima.
Aksesoris
Aksesoris juga menjadi faktor
penting untuk keselamatan anda. Jangan menganggap remeh aksesoris keselamatan
seperti spion, lampu Instrumen (lampu utama, lampu sein, lampu rem) pastikan berfungsi dengan baik. Saat
bekendara baik jauh ataupun dekat.
0 komentar:
Posting Komentar